Tentang Kami

TentangKami-02

Maju tidaknya sebuah negara pada umumnya berbanding lurus dengan kemajuan negara tersebut di bidang sains. Hal ini terjadi karena kemajuan sains akan berpengaruh pada peningkatan kualitas hidup manusia di negara tersebut baik secara sosial, ekonomi, kesehatan, pertahanan, dan politik.

Berdasarkan jumlah hasil penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2014 oleh SCImago Journal and Country Ranking (http://www.scimagojr.com), Indonesia menempati peringkat ke-52 dari seluruh negara di dunia. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia masih harus berjuang keras untuk meningkatkan kualitas risetnya, khususnya di bidang sains agar bisa bersaing dengan negara-negara maju lainnya. Peningkatan kualitas sains suatu negara tidak bisa dilakukan dengan serta merta, tetapi dibutuhkan peran dari berbagai pihak, baik dari pemerintah maupun masyarakat.

Saat ini pemahaman masyarakat Indonesia secara umum tentang sains masih kurang. Hal tersebut salah satunya disebabkan oleh masih terbatasnya informasi sains berbahasa Indonesia yang dibahas secara lengkap, akurat, dan dikemas secara menarik. Atas dasar inilah Pustaka Sains didirikan sebagai sebuah media edukasi online yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai sains baik dalam tataran konsep maupun aplikasi.

Kami berharap pustaka sains dapat menjadi sarana untuk :

  1. berbagi ilmu dari peneliti atau akademisi yang sedang berkiprah baik di dalam atau luar negeri,
  2. mengedukasi masyarakat umum, khusunya yang memiliki ketertarikan di bidang sains dan perkembangannya saat ini,
  3. memberikan berita dan terobosan terbaru di bidang sains,
  4. membantu pelajar di indonesia dalam memahami konsep dasar sains dengan mudah dan menarik.

Saat ini kami masih berfokus pada bidang life sciences (biokimia, biologi molekuler, bioteknologi, dan bidang lain yang berkaitan), tetapi kami membuka kesempatan kepada rekan-rekan di luar bidang tersebut untuk menjadi kontributor.

Semoga Pustaka Sains bisa berkontribusi dalam kemajuan sains di Indonesia ke depannya.

Salam,

Tim Pustaka Sains

Pin It on Pinterest

X